Jumat, 03 Juli 2015

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Manager & Leader

Judul buku                : Manager & Leader Sekolah Masa DepanSEKOLAH-MASA-DEPAN-001
Penulis                       : Agus Wibowo, M.Pd.
Penerbit                      : PUSTAKA PELAJAR
Tahun terbit              : 2014
Tebal Halaman          : 173 Halaman
Harga Buku               : Rp 30.000,00 
                                                   
Sekolah sebagai organisasi kompleks, sangat bergantung pada peran kepala sekolah. Kemungkinan kepala sekolah akan sangat mempengaruhi guru bekerja. Kepemimpinan kepalah sekolah dapat mendorong bagaimana guru dalam bertindak dan melaksanakan proses belajar dan mengajar.
Saat ini aneka tantangan yang dihadapi sekolah sudah sangat beragam dan kompleks. Tantangan itu akan meningkat di masa depan. Yang harus dibutuhkan oleh sekolah-sekolah adalah membutuhkan sosok kepala sekolah yang efektif. Model kepala sekolah demikian amat dibutuhkan, mengingat tantangan dan hambatan sekolah di masa depan yang sangat kompleks. Agar sekolah mampu menghadapi aneka tantangan dan peluang masa depan dibutuhkan karakter kepemimpinan kepala sekolah yang khas pula. Pemimpin yang unggul saja yang mampu mengantarkan keberhasilan manajemen sebuah institusi pendidikan pada umumnya.
Kepala sekolah itu perannya ibarat jantung bagi sekolah. Jika kita ibaratkan sebuah sistem mekanis, kepala sekolah itu motor utama penggerak bagi sistem tersebut maka sistem tidak akan berjalan manakala motor penggeraknya kurang optimal bahkan macet atau mati. Uraian singkat sistem mekanis tersebut cukup menjadi gambaran bahwa kepala sekolah itu motor penggerak utama sistem sekolah utuk menggapai tujuan sekolah maupun tujuan pendidikan pada umumnya. Agar mampu menjalankan tupoksinya terkait dengan manajemen sekolah, kepala sekolah harus memiliki beberapa kompetinsi manajerial. Ada pun kompetensi manajerial yang mesti dimiliki seorang kepala sekolah menurut Pemendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, disebutkan bahwa seorang yang menjabat sebagai kepala sekolah harus memiliki lima dimensi kompetensi utama. Kelima dimensi kompetensi utama itu adalah kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial.
Tugas dan tangungg jawab yang tidak ringan harus diemban kepala sekolah. Kepala sekolah yang baik, akan berperan menjadi manajer yang efektif bagi sumber daya yang ada di sekolahnya. Sebaliknya, kepala sekolah yang gagal berperan sebagai manajer efektif, akan menyebabkan sekolah kuran berhasil bahkan gagal mencapai tujuan. Tugas kepala sekolah yang utama itu menjadi motivator bagi para guru dan semua warga sekolah. Tanpa adanya motivator, para guru pasti akan mengalami kejenuhan dalam mengajar. Bagi kepala sekolah memotivasi diri apalagi memotivasi para guru dan warga sekolah, tentu saja bukanlah pekerjaan yang mudah. Dan kepala sekolah harus memerlukan dua hal yang penting, yaitu kemauan dapat didapat dari berbagai traning atau pelatihan, diklat.
Buku ini sangat cocok untuk dibaca karena berisikan tentang profil Kepala Sekolah Profesional dan Berkarakter. Buku ini dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Di dalamnya sudah di jelaskan secara rinci bagaimana sistem kerja kepala sekolah. Buku ini berisi tentang pendidikan dan sangat mendidik karena berfokus pada kajian pendidikan. Di dalam buku ini juga terdapat pendapat-pendapat para ahli untuk menguatkan isi buku jadi kita bisa menambah ilmu jika membaca buku ini. Dan buku ini mengajarkan bagaimana kita akan belajar menjadi seseorang yang mempunyai jiwa kepemimpinan.
Namun buku ini juga mempunyai kekurangannya, di dalamnya tidak terdapat gambar gambar yang mudahkan pembaca untuk lebih memahami isi dari buku ini. Selain itu ada penggunaan EYD yang kurang baku penulisannya.
Buku ini sangat cocok untuk di baca karena setelah membaca buku ini maka akan mendapatkan wawasan yang lebih dan dapat memperoleh motivasi-motivasi untuk lebih belajar lebih giat dan rajin agar bisa termotivasi menjadi seorang kepala sekolah.
Peresensi Eko Sigit Apriyono
Mahasiswa Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta.
https://resensibukupgsdupy.wordpress.com/2014/12/04/mewaspadai-dosa-besar-yang-kita-sepelekan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merefleksi Solusi (Masalah) dalam Pendidikan

Judul Buku               : Malpraktik Pendidikan Penulis Buku            : Agus Wibowo  Penerbit                     : GENTA PRES...