Selasa, 23 Juni 2015

Strategi Pendidikan Karakter Ideal Mahasiswa Di Perguruan Tinggi




Judul Buku                  : Pendidikan karakter Di Perguruan Tinggi
Penulis                        : Agus Wibowo, M. Pd Dan Sigit Purnama, M. Pd
Perwajahan buku        : Jendro Yuniarto
Tahun terbit                : Desembar 2013
Penerbit                      : Pustaka Pelajar
ISBN                           : 978-602-229-174-9
Jumlah halaman          : XI+218 halaman



Buku yang berjudul “Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi” yang dikarang oleh Bapak Agus Wibowo dan Bapak Sigit Purnama ini merupakan karya mengupas akan pentingnya pendidikan karakter di lingkungan perguruan tinggi. Selama ini, pendidikan karakter dikesampingkan begitu saja oleh masyarakat pendidikan kita. Betapa rendahnya karakteristik dan moral bangsa Indonesia saat ini. Hal ini sesuai dengan ironi yang memang saat ini kita alami dan tentu saja kita rasakan sebagai warga negara Indonesia. Dalam dunia pendidikan banyak sekali kasus yang merupakan indikasi bahwa pendidikan karakter di Indonesia amat memprihatinkan. Sepertihalnya kasus tawuran di kalangan mahasiswa, perjokian dalam seleksi masuk ke perguruan tinggi, ujian nasional, korupsi proyek-proyek pendidikan serta plagiasi karya ilmiah oleh mahasiswa maupun dosen dan masih banyak kasus lain yang serupa. Dan, memang harus diakui demikianlah yang terjadi.Degradasi Moral!
            Saat ini, yang paling mengembirakanadalah munculnya kesadaran dari segenap elemen bangsa, bahwa karakter generasi muda bangsa dalam tanda bahaya. Selai itu sudah muncul kesadaran untuk memperbaiki dan membangun kembali karakter generasi muda kesadaran ini menjadi penting artinya, karena apalah artinya gerakan dan usaha memperbaiki karakter bangsa tanpa adanya kesadaran. Dan tentu tidak cukup dengan kesadaran saja, kesadaran itu harus diikuti dengan tindakan nyata untuk turut serta memperbaiki karakter bangsa. Dan, buku ini ada karena adanya kesadaran itu dalam diri penulis. dari apa yang telah penulis baca, lihat, dan alami selama 10 tahun di lingkungan beliau Yogyakarta kemudian menuliskanya hingga jadilah buku ini.
            Buku ini memaparkan berbagai hal mengenai pendidikan karakter di perguruan tinggi yang terbagi menjadi 4 bab. Pembahasan bab pertama menyoroti berbagai fakta dan fenomena degradasi moral insan di peguruan tinggi baik dosen, mahasiswa, maupun pengelolanya. Pembahasan tentang degradasi moral di kedepankan oleh penulis supaya pembaca mengetahui pentingnya pendidikan karakter di perguruan tinggi. Uraian pembahasan bab kedua fokus terhadap konsep karakter dan pendidikan karakter. Pembahasan ini di ketengahkan , agar pembaca mengingat kembali, kemudian penulis mengharapkan pembaca dapat merefleksikan kembali konsep-konsep karakter dan pendidikan karakter. Pembahasan bab ketiga, penulis memaparkan secara khusus mengenai sosok dosen dan perananya dalam pendidikan karakter di perguruan tinggi. Dosen adalah salah satu pilar penting dalam pendidikan karakter di perguruan tinggi. Hal itu karna di pundaknyalah ‘tri dharma’ itu berada, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Layaknya seorang guru dosen adalah seseorang yang semestinya ‘digugu’ dan ‘ditiru’ oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Pembahasan keempat adalah mencakup ikhtiar pembangunan kembali karakter di perguruan tinggi pembahasannya terentang dari upaya-upaya yang dilakukan beberapa perguruan tinggi besar di Indonesia, seperti UPI dan UNY, dan sebagainya, sampai beberapa strategi yang penulis suguhkan kepada pembaca, bagaimana mengimplementasikan pendidikan karakter di perguruan tinggi. Mesti pelaksanaannya nanti disesuaikan dengan kekhasan  masing-masing kampus. Hingga buku ini diterbitkan penulis yakin bahwa setiap kampus telah melaksanakan pendidikan karakter di lingkungan meraka.
              Melihat rendahnya pengaplikasian pendidikan karakter kita saat ini, maka perlu adanya perbaikan dari kurikulum dan harus ada upaya maksimum yang bisa dialakukan dalam meningkatkan income dari pada pendidikan karakter itu sendiri. Selain itu, harus ada revitalisasi pendidikan karakter, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Atas dasar itulah penulis menerbitkan tulisan tersebut, harapannya pendidikan karakter ini lebih bisa diwujudkan di negara kita kelak.
Di dalam buku ini dibahas hal ikhwal pendidikan karakter yang meliputi: urgensi, pengertian, sejarah hingga desain dan implementasi pendidikan karakter di berbagai tingkat pendidikan. Dibahas juga bagaimana pendidikan karakter itu dilakukan di lingkungan paling intim bagi peserta didik yaitu keluarga. Hanya saja terdapat sedikit kekurangan dari buku ini yakni terletak pada tata kepenulisan bahasa. Namun, buku ini sangat layak dibaca oleh para mahasiswa, dosen dan sivitas akademik lain yang menyandang dalam bidang ilmu pendidikan. Mereka akan dapat menarik informasi dan inspirasi penting dari buku ini.
Sumber: http://aqifil.blogspot.com/2013/12/resensi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merefleksi Solusi (Masalah) dalam Pendidikan

Judul Buku               : Malpraktik Pendidikan Penulis Buku            : Agus Wibowo  Penerbit                     : GENTA PRES...